Selasa, November 25, 2008

Hubungan antara Costumer Relationship Management dan Service Costumer Management dengan Teknologi Informasi

Seperti yang telah diketahui di dalam Costumer Relationship Management peusahaan menjaga hubungannya dengan pelanggan sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya dan akhirnya akan meningkatkan penjualan. Contoh dari Costumer Relationship Management adalah pada Amazon.com yang menggunakan memberikan rekomendasi pembelian berdasarakan pembelian yang terdahulu.
Dengan sistem ini apabila kita membeli sebuah kaset musik pada waktu yang lampau dan jika sekarang kita membuka halaman Web Amazon.com dan ingin membeli kaset yang baru maka mereka kana merekomendasikan kaset dengan penyanyi yang sama atau penyanyi lain tetapi memiliki genre musik yang sama. Dengan adanya sistem ini maka pelanggan tidak perlu repot untuk menuliskan kaset apa yang dia mau, tetapi sistem ini akan tidak berguna jika pelanggan tersebut ingin membeli kaset yang tidak ada hubungannya dengan kaset yang terdahulu
Seperti yang telah banyak diterapkan pada perusahaan telekomunkasi dan perusahaan-perusahaan yang lainnya yang memiliki costumer service melalui telepon, mereka menggunakan komputer untuk menjawab panggilan pelanggan. Dalam komputer tersebut telah disiapkan berbagai jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pelanggan kepada perusahaan tersebut. Dengan adanya sistem ini maka perusahaan dapat mengurangi karyawannya khususnya pada operator telpon

Tidak ada komentar: